Asal mula kata "Tank"



Beberapa penjelasan yang telah dikemukakan mengenai asal mula kata tank, untuk menyebut kendaraan lapis baja yang dilengkapi meriam adalah:
1. Kata tersebut muncul ketika pabrik di Inggris membuat lambung dari tank     tempur pertama pada masa PD 1, para pekerja dan kemungkinan mata- mata diberi kesan bahwa merka sedang membangun kendaraan tangki (“ tank = tangki”) pengangkut air untuk tentara Inggris,. Hal ini menjaga rahasia dari produksi tank tersebut.
2.  Istilah ini pertama kali digunakan dalam laporan rahasia tentang kendaraan senjata bermesin baru yang disajikan kepada Winston Churchill, kemudian kepada First Lord of the Admiralty, oleh angkatan bersenjata Inggris Letnan Kolonel Ernest Swinton.
3. Berdasarkan biografi Winston Churchill menyatakan  “Untuk menyamarkan muslihat/ tipuan, gambar ditandai sebagai ‘ Pembawa Air (water carriers)  untuk Rusia’ “. Ketika hal ini ditujukkan, hal ini dapat disingkat menjadi ‘WC untuk Russia. Akhirnya gambar- gambar tesebut dilabel ulang sebagai “Tangki Air (water tank ) untuk Russia”. Akhirnya senjata tersebut hanya disebut sebagai tank. (Pada kenyataannya, prototip/ rancangan tersebut lebih disebut sebagai pembawa air untuk  Mesopotamia. Hubungannya dengan Rusia adalah bahwa beberapa Tank produksi pertama diberi label dalam bahasa Rusia "Dengan Perawatan ke Petrograd," sebagai langkah pengamanan lebih lanjut..)

0 komentar:

Posting Komentar